Friday, March 19, 2010

Jenis-Jenis Kabel Jaringan

Diposkan oleh Roy Emo0

Kabel UTP



UTP merupakan singkatan dari Unshielded Twisted Pair. Kabel ini terbuat dari tembaga yang dikonstruksikan terpilin. Kabel Unshielded Twisted Pair terdiri dari 4 pasang kabel tembaga terpilin yang tak berlapis (unshield) dan isolator. Kabel UTP ini biasa dipakai pada jaringan komputer yang biasa disebut LAN (Local Area Network). Sifat kabel UTP ini adalah mampu mengakomodasi jarak yang cenderung pendek, kecepatan terbatas dan harganya relatif murah. Contoh jenis kabel UTP adalah CAT 1, CAT 2, CAT 3, CAT 5, CAT 6.Kabel koaxsial
Kabel Coaxial adalah jenis kabel yang mampu mentransmisi pesan dalam bentuk data, gelombang suara, video dan multimedia. Kabel coaxial terdiri dari konduktor (kabel inti penghantar data), isolator dalam , dan isolator luar. Kabel ini biasanya dapat ditemukan pada televisi. Bentuk data pada televisi berupa gambar dan suara dapat proses secara baik oleh kabel coaxial ini. Kabel Coaxial terbuat dari tembaga. Namun, yang membedakannya dengan kabel UTP adalah konstruksi kabel dan bentuknya yang lebih besar. Semakin besar kabel Coaxial, maka semakin besar pula kapasitas pengiriman data yang dapat dilakukan. Sifat kabel Coaxial ini adalah kemampuan akomodasi jarak lebih jauh dibandingkan UTP, kecepatan lebih tinggi, dan harganya lebih mahal. Contoh jenis kabel coaxial adalah RG - 58 A/U, RG – 6, RG -8.

Serat optik
Serat Optik adalah jenis kabel yang menggunakan daya cahaya untuk mentransmisi data. Kabel ini dapat memproses sinyal analog maupun digital.Kabel serat optik terdiri dari silinder inti dan silinder luar (pembungkus silinder inti). Kekurangan serat optik adalah harga dan biaya instalasi yang relatif mahal . Kelebihan serat optik adalah mampu mentransmisi data dengan jarak yang jauh,kapasitas data yang jauh lebih besar, bentuk yang relatif kecil, kecepatan tinggi , tidak rentan terhadap gangguan, serta bahan dasarnya (kaca) yang bisa diperbarui. Karena itu, seringkali serat optik disebut sebagai kabel masa depan. Contoh kabel serat optik adalah Fiber Optic Single Mode dan Fiber Optic Multi Mode.

0 komentar:

Post a Comment

Music